06 Oktober 2011

Faktor-faktor Pembentuk Bentang Alam

Faktor lingkungan atau alam seperti lempeng tektonik, erosi, deposisi, dan lain-lain akan menghasilkan bentang alam. Fitur hasil aktifitas manusia tidak termasuk bentang alam, juga fitur geografis tidak termasuk di dalamnya.

Istilah bentang alam tidak hanya biasa digunakan untuk bumi tetapi biasa dugunakan dalam planet di alam semesta. Sebagai contoh gunung, lembah, gunung berapi juga ditemukan di planet yang berbeda di alam semesta.

Bentang alam dikategorikan oleh proses yang membuat mereka. Yaitu: Aeolian, pesisir, laut, erosi, fluvial, pegunungan, glasial dan vulkanik. Setiap kategori dibagi menjadi sub-kategori.

Bentang alam Aeolian dibentuk oleh angin. Beberapa bentang alam termasuk kelas Aeolian:bukit pasir, playa, gurun trotoar.

Coastal atau jenis samudera biasanya dibentuk oleh erosi. Laut, teluk,  terumbu karang, fjord, semenanjung adalah kategori Coastal.

Kategori Erosi:Bench, Butte, ngarai, gua, tebing, barisan gunung yg terjal, sial, lavaka, mesa, peneplain, Potrero, ridge, formasi batuan, meja teh, tepui, lembah. Bentang alam Erosi dibentuk oleh faktor iklim.

Gerak sedimen dan erosi merupakan penyebab bentang alam fluvial. Gua, tebing, dll sungai adalah beberapa contoh bentang alam fluvial.


Angin, air dan es ,pergerakan lempeng tektonik bumi adalah beberapa pembentuk utama bentang alam. Butuh jutaan tahun untuk membentuk bentang alam, tapi beberapa dari nya terbentuk dalam waktu 10.000 tahun sampai beberapa jam.
Bentang alam vulkanik adalah salah satu bentang alam yang terbentuk secara cepat.

Pemandangan luas adalah kelompok dari bentang alam. Sebuah lanskap terdiri dari beberapa bentang alam seperti sungai, gunung, laut, bukit, dan lain-lain.

Seperti disebutkan gunung bentang alam urutan tertinggi sementara cekungan samudera urutan terendah. Cekungan samudera yang sangat besar dan sebagian dari cekungan laut dapat ditemukan di manapun di bawah laut. Cekungan tanah juga sama seperti cekungan bawah air. Keduanya bentang alam.

Proses pembentukan bentang alam bersangsung sejak hari pertama bumi dan proses tersebut masih terus berjalan. Beberapa dari nya memiliki keindahan alam yang menakjubkan semua orang.

Tidak ada komentar: